Senin, 29 April 2019

Anggaran Pernikahan Bertema Garden Party di Buru Selatan Maluku

Anggaran Pernikahan Bertema Garden Party Buru Selatan Maluku

Setiap pasangan memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam merencanakan hari bahagia mereka. Alokasi dana merupakan bagian krusial dari perencanaan pernikahan. Lima pasangan dengan profil yang berbeda-beda ini akan berbagi pengalaman ketika mereka mempersiapkan dana pernikahan. Mulai dari selebrasi intim hingga perayaan besar, pernikahan bergaya tradisional maupun modern, serta pemilihan ballroom atau lokasi luar ruangan, cerita mereka bisa menjadi referensi yang sangat bermanfaat untuk para calon pengantin.

Paket Pernikahan Jasmine
Jumlah Undangan: 100
Dana: Sekitar Rp15.000.000
Lokasi: Cupuwatu Garden
Konsep: Garden Party


 

Bagaimana kiat alokasi dana kalian?
Dari awal kami membatasi dana untuk tidak melebihi Rp 150 juta dengan jumlah undangan 350. Biasanya dalam sebuah pernikahan destinasi, tidak semua tamu dapat memenuhi undangan karena harus menempuh jarak jauh sehingga pada akhirnya jumlah tamu yang datang hanya sekitar 70%.



Sebutkan elemen yang sangat mempengaruhi pengeluaran kalian tetap pada rencana.
1. Bantuan teman: Saya beruntung memiliki kenalan dan teman yang bisa membantu acara kami sehingga dapat menghemat biaya. Misalnya, untuk tata rias, saya diberi hadiah pernikahan oleh sahabat saya. Kemudian, sahabat ibu saya memberi potongan harga untuk kebaya saya, dan seorang sahabat yang lain juga membantu saya mendesain undangan yang kemudian saya bawa sendiri ke percetakan.
2. Do it yourself. Saya dan suami berkreasi dengan desain isi dan kemasan suvenir kami sehingga biaya yang dikeluarkan sangatlah minim. Selain itu, saya juga menyiapkan welcome bag sendiri untuk para tamu, and I had so much fun doing it!
3Riset. Melalui Bridestory, saya menemukan vendor fotografi yang masih tergolong baru, namun memiliki portfolio yang memenuhi keinginan saya. Dan karena ini merupakan sebuah pernikahan destinasi, saya berusaha mencari vendor lokal untuk menghemat biaya transportasi.
4. Skala prioritas. Bagi saya, yang terpenting adalah tamu dapat datang dan menikmati momen ini bersama kami secara optimal. Maka dari itu, porsi katering dan pilihan menu makanan yang disajikan menjadi prioritas utama saya. Selain itu, perencana pernikahan juga merupakan pihak penting dalam membantu saya merencanakan acara secara jarak jauh. Jadi, yang terpenting adalah dua aspek ini, sedangkan yang lain dapat dikompromikan.


Ketika pada prosesnya, harus ada dana tambahan, bagaimana keputusan kalian? 
Kami sangat berusaha untuk taat pada anggaran budget. Ketika ada biaya yang lebih besar dari yang dianggarkan, saya berusaha memotong anggaran dana dari aspek lain, bukannya sekadar merelakan tambahan dana dari tabungan inti kami. Misalnya, sebagai kompensasi biaya videografi yang lebih besar dari perkiraan kami, saya meniadakan photo booth dan hanya menyediakan pojok foto untuk tamu mengambil gambar sendiri.



Bagaimana kalian menyamakan konsep pernikahan di awal perencanaan?
Prinsip kami adalah mengadakan acara yang berkesan tanpa harus menguras tabungan, karena meski ada bantuan dari orang tua, saya dan suami ingin sebisa mungkin membiayai acara pernikahan kami sendiri. Saat pertama menentukan lokasi pernikahan, tidak ada lokasi di Jakarta yang betul-betul menarik perhatian saya. Saat berkunjung ke rumah ayah di Yogyakarta, saya langsung berpikir untuk mengadakan acara di sana, karena selain memang ayah berasal dari sana, standar biaya pernikahan di Kota Pelajar ini pun jauh lebih ekonomis dibanding Jakarta. And, we thought it would be fun for the guests to visit the city. Untungnya keluarga dan teman-teman terdekat mendukung ide tersebut, mereka begitu bersemangat untuk mendatangi acara ini sekaligus berlibur.


Paket Pernikahan Lotus
Jumlah Undangan: 250
Dana: Sekitar Rp39.000.000
Lokasi: Cupuwatu Garden
Konsep: Garden Party

 


Bagaimana awalnya kalian terpikir untuk memilih konsep pernikahan yang intim?
Jujur awalnya terpikir untuk punya konsep pernikahan yang intim karena melihat pernikahan keempat kakak saya yang megah dan persiapannya sangat kompleks. Sepertinya saya tidak akan nyaman kalau pernikahan saya akan seperti itu. Kebetulan, Andrew juga menginginkan hal yang sama karena melihat kesederhanaan pesta hari bahagia kakaknya yang hanya mengundang keluarga inti dan teman dekat. Ternyata setelah mengalami sendiri, kami sama sekali tidak menyesali keputusan kami. Suasana yang intim membuat kami merasa nyaman dan kami pun bisa bersosialisasi lebih leluasa dengan para tamu.


Sebutkan elemen yang sangat mempengaruhi pengeluaran kalian tetap pada rencana.
1. Rangkaian acara. Setelah akad nikah, acara dilanjutkan dengan makan siang yang dihadiri oleh keluarga inti. Selang satu jam kemudian, para sahabat berdatangan dan bergabung menikmati hidangan siang. Perbedaan jam undangan ini kami lakukan mengingat tempatnya cukup terbatas. Kemudian, saya dan suami mengucapkan terima kasih kepada para tamu yang datang, lalu dilanjutkan pidato menyentuh dari dua sahabat kami. Acara pun berlanjut santai setelahnya dan tidak ada satu pun momen bersama tamu yang kami lewatkan.
2. Venue. Saya riset dari sosial media dan rekomendasi teman. Ketika survei ke Bunga Rampai empat bulan sebelum Hari H, kami berdua langsung jatuh cinta. Kapasitasnya sangat sesuai dengan konsep pernikahan kami dan suasanya sudah sangat artistik sehingga tidak butuh dekorasi lagi. Awalnya kami ragu karena tarifnya di luar ekspektasi kami. Namun, tim pemasaran mereka sangat membantu kami menentukan skema menu yang cocok dengan budget kami. Kami pun mantap mengadakan acara di sini dan menyudahi pencarian lokasi lain.
3. Jumlah undangan. Tentunya jumlah tamu yang diundang sangat menentukan besarnya dana pernikahan. 50 undangan tersebut hanya terdiri dari keluarga inti dan sahabat dekat kami. Tentunya porsi makanan dilipatgandakan mengingat beberapa tamu kami juga akan membawa serta keluarganya.



Apakah sempat ada pertentangan dari keluarga akan konsep pernikahan kalian yang intim ini?
Saya sudah cukup lama mengutarakan kepada keluarga saya jika saya memimpikan pernikahan yang hanya dihadiri oleh keluarga inti dan sahabat saya, bahkan jauh sebelum saya memiliki calon suami. Jadi, ketika tiba saya merencanakan pernikahan, keluarga saya sudah mengerti dan mendukung.



Paket Pernikahan Orchid
Jumlah Undangan: 600
Dana: Sekitar Rp 73.000.000
Lokasi: Cupuwatu Garden
Konsep: Garden Party



 

Bagaimana kalian menyamakan konsep pernikahan di awal perencanaan?
Dari awal, kami sudah sepakat untuk merencanakan pernikahan yang intim dan dihadiri hanya oleh kerabat yang sangat dekat. Lalu, semua detil dan elemen pernikahan kami tangani sendiri supaya semuanya tetap on budget.


Sebutkan elemen yang sangat mempengaruhi pengeluaran kalian tetap pada rencana.
1. Undangan dan suvenir. Kami sendiri yang merancang undangan dan mengawasinya hingga ke percetakan. Suvenir jika kami persiapkan dan kemas bersama.
2. Dekorasi. Kami sengaja memilih tema flowerless karena bunga salah satu faktor yang membuat tarif dekorasi mahal. Kebetulan konsep ini juga sesuai dengan tema minimalis yang kami inginkan.
3. Mengandalkan vendor-vendor kenalan. Kebetulan Moko memang sudah lama berkecimpung di industri pernikahan, jadi beberapa vendor, seperti fotografer, penata rias, dan beberapa elemen lainnya bisa mengandalkan teman.



Ketika pada prosesnya, harus ada dana tambahan, bagaimana keputusan kalian? 
Jujur, kami membelanjakan sedikit lebih banyak dari yang telah kami rencanakan. Hal ini terjadi ketika ada faktor estetik yang ingin diwujudkan, atau adanya keinginan spesial dari orang tua dalam hal katering.



Nah, itu adalah 3 Anggaran Paket Pernikahan dengan Tema Garden Party Anggaran Pernikahan Bertema Garden Party Buru Selatan Maluku. Sudah tertarik dengan keunikannya dan ingin tahu Wedding Organizer mana yang bisa mewujudkannya? Jangan pusing, karena Cupuwatu Wedding Organizer hadir untuk membantu pelaksanaan pernikahanmu.

Sudah banyak pernikahan dengan tema garden party yang ditangani oleh Cupuwatu Wedding Organizer. Selain itu, Cupuwatu Wedding Organizer memiliki Paket Pernikahan yang bertema garden party dan juga mempunyai tempat khusus bagi calon mempelai yang ingin melaksanakan garden party di tempat kami, yaitu Cupuwatu Garden yang terletak di Jl. Solo km 11.8 Kalasan, Yogyakarta.

Jangan sampai momen berhargamu berakhir kecewa, percayakan pada Cupuwatu Wedding Organizer, karena Nikah Nggak Harus Stress!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar